Senin, 06 April 2015

Merapi Volcano Tour: Off Road Menggunakan Jeep Wisata



Bencana erupsi gunung merapi di tahun 2010 menyisakan kesedihan bagi penduduk yang tinggal di daerah tersebut. Namun dengan berjalannya waktu, bencana di daerah tersebut bisa dimanfaatkan menjadi lokasi wisata yang unik dilengkapi dengan fasilitas ojek dan jeep kuno yang bisa membawa pengunjung mendatangi lokasi bencana.

Yang menarik dari volcano tour ini, selain mengunjungi lokasi bencana menggunakan jeep kuno, pengunjung juga diajak off road melalui lokasi berbatu-batu. Bagi yang menyukai kegiatan petualangan, off road ini cukup membuat adrenalin terpacu. Namun jika pengunjung hanya ingin perjalanan santai, pemandu wisata sekaligus sopir jeep,  akan membawa pengunjung berjalan santai, menikmati pemandangan sambil merasakan angin dingin di kaki gunung merapi. Pengunjung juga diberi masker agar tidak terkena debu di perjalanan karena lokasi yang dikunjungi penuh debu dan jalan tanah berbatu.

Ada banyak pengelola jeep wisata di kaki gunung merapi tersebut. Paket yang ditawarkan juga relatif memiliki harga yang sama, mulai dari Rp 300.000 untuk 1-1,5 jam perjalanan sampai Rp 500.000 untuk 3-4 jam perjalanan. Makin lama waktu perjalanan yang dipilih, makin lengkap lokasi wisata bencana yang dikunjungi.

Saya dan keluarga memilih paket 1 jam perjalanan. Anak-anak kebetulan mendapat pemandu yang sengaja melewati jalan berbatu dengan kemiringan lebih dari 45 derajat sampai masuk ke kubangan air yang membuat mereka basah kuyup. Saya cukup menikmati perjalanan santai saja karena membawa 2 orang eyang yang harus dijaga.







Lokasi yang mula-mula dikunjungi adalah museum ‘sisa hartaku’, yaitu rumah salah satu penduduk yang menjadi korban erupsi, lengkap dengan sisa-sisa barang, ternak  yang meleleh karena terkena awan panas.

Setelah itu, kami kami berfoto-foto di lokasi berbatu-batu yang eksotik. Perjalanan di lanjutkan mengunjungi bunker yang pernah menelan korban 2 orang anggota SAR dan mengunjungi batu alien, yaitu sebuah batu besar yang jika dilihat dari berbagai sisi, menunjukan banyak wajah.




Setelah puas ber off road, jeep membawa kami kembali ke base camp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar