Minggu, 19 April 2020

Belajar Baking: Kue Sengkulun

Di saat seperti sekarang ini dimana setiap orang dianjurkan untuk tinggal di rumah saja agar dapat memutus rantai penyebaran virus covid19, maka untuk mengisi kegiatan di rumah agar tidak bosan, salah satunya adalah belajar baking.
Saya suka mencoba berbagai resep jajan pasar yang gampang cara membuatnya dan menggunakan bahan yang sudah ada di rumah atau yang mudah dicari. Dan saya selalu mencoba resep dengan porsi kecil karena saya tidak sanggup menghabiskan sendiri (dan biar ga tambah gemuk).
Salah satu kue basah yang sudah saya coba resepnya adalah Kue Sengkulun. Ada juga yang menyebut dengan kue Awug.
Saya mendapatkan resep dari banyak sosial media, seperti Instagram, Cookpad atau youtube dan biasanya saya sesuaikan dengan bahan yang saya miliki.


Bahan yang dibutuhkan:
1 butir kelapa parut
150 gr tepung tapioka (atau sagu)
150 gr gula pasir
1 sdt garam
1/2 sdt vanilli
Pewarna (saya pakai pasta pandan)

Cara membuatnya:
Campur semua bahan di satu tempat, aduk hingga rata
Masukan ke dalam cetakan, agak sedikit dipadatkan
Kukus sampai matang (sekitar 20 - 30 menit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar